Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi. Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi - Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi - Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi - Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi Penggunaan To Be: Is, Am, Are

Penggunaan To Be: Is, Am, Are


Apa itu to be? Menurut Cambridge Dictionary : Be is an irregular verb with several forms; they are Present (am, is, are, being) and Past (was, were, been). We use Be as a main verb and an auxiliary verb. Artinya Be adalah kata kerja tidak beraturan dengan beberapa bentuk, yaitu bentuk Present (am, is, are, being) dan Past (was, were, been). Kita menggunakan Be sebagai kata kerja utama dan kata kerja bantu.

Intinya, To Be adalah kata yang berperan sebagai kata kerja dalam kalimat Bahasa Inggris, baik itu sebagai Main Verb (kata kerja utama) ataupun sebagai Auxiliary Verb (kata kerja bantu). Untuk mengetahui perbedaan penggunaan to be sebagai main verb dan auxiliary verb, perhatikan contoh kalimat berikut ini.
1. I am a student. (Saya adalah seorang siswa)
2. I am studying English. (Saya sedang belajar bahasa Inggris)

Pada kalimat pertama, To be am berperan sebagai Main Verb (kata kerja uama) karena tidak ada kata kerja lainnya dalam kalimat tersebut. Pada kalimat kedua, am berfungsi sebagai Auxiliary Verb (Kata kerja bantu) karena terdapat kata kerja studying yang berperan sebagai main verb (kata kerja utama) dan secara bersama - sama menempati fungsi sebagai predikat kalimat.

Pasangan Subyek dan To Be Bentuk Present (is, am are)
Saat membuat contoh kalimat menggunakan To Be : Is Am Are harus memperhatikan Subyeknya. Dalam Bahasa Inggris, ada 7 Subject Pronoun yaitu I, You, They, We, She, He, It. Selain itu, juga bisa menggunakan kata benda lainnya seperti nama orang, kelompok orang, hewan, benda, dan lain sebagainya sebagai subyek.

To Be Subyek
IsHe, She, It dan Kata Benda Tunggal
AmI
AreWe, You They dan Kata Benda Jamak

Pola Penyusunan Kalimat menggunakan To Be Bentuk Present (is, am are)

KalimatSimple Present TensePresent Continuous Tense
(+) PositiveSubject + to be + Non-verbSubject + to be + Verb-ing
(-) NegativeSubject + to be + not + Non-verbSubject + to be + Verb-ing
(?) InterrogativeTo be + Subject + Non-verbTo be + Subject + Verb-ing

Contoh dalam kalimat
Simple Present TenseArtinya
+The flower is red.Bunga itu merah.
-The flower is not red.Bunga itu tidak merah.
?Is the flower red?Apakah bunga itu merah?
Present Continuous TenseArtinya
+They are learning English.Mereka sedang belajar bahasa Inggris.
-They are not learning English.Mereka tidak sedang belajar bahasa Inggris.
+Are they learning English?Apakah mereka sedang belajar bahasa Inggris?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Cute Finding Nemo