Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi. Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi - Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi - Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi - Selamat datang di blog Sulianto.my.id - Membaca, Menulis dan Berbagi NARRATIVE TEXT

NARRATIVE TEXT

Pic: TV Anak Indonesia
APengertian Narrative Text
Narrative Text adalah teks yang menceritakan sesuatu yang imajinatif atau sesuatu yang hanya khayalan belaka dan tujuannya untuk menghibur pembaca.

BTujuan Narrative Text
Tujuan dasar dari narrative text adalah untuk menghibur dan menarik minat pembaca dengan menyajikan cerita atau peristiwa yang memiliki masalah yang menimbulkan konflik dan pada akhir cerita ada resolusinya atau akhir yang bahagia atau bahkan menyedihkan. Sebenarnya teks narrative tidak hanya terbatas pada cerita yang berbau mistis, fiksi, legenda, dongeng ataupun fabel saja, tapi cerita lain yang berbentuk petualangan, misteri dan semua bentuk cerita. Intinya, narrative text adalah tentang cerita. Tapi dalam pelajaran di sekolah, teks yang bergenre naratif biasanya hanya digunakan untuk menunjukkan cerita fiksi saja.

CStruktur Umum Narrative Text
1.Orientation
Pada bagian Orientation atau pengenalan berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya.
2.Complication
Pada bagian Complication berisi tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang dialami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.
3.Resolution
Pada bagian Resolution berisi tentang bagaiman tokoh dari cerita tersebut memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication. Setiap permasalahan yang muncul harus ada penyelesaiannya yang bisa ditutup dengan akhir yang menyenangkan (happy ending) atau tidak sedikit berakhir tragis, menyedihkan (sad ending)
4.Re-Oreintation / Coda
Perubahan yang terjadi pada tokoh atau pelajaran yang dapat dipetik dari cerita. Bagian ini sifatnya Optional (tidak harus ada)

DCiri-ciri Redaksi Narrative Text
1Mengunakan Action Verb (kata kerja aksi) dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
2Menggunakan Nouns (kata benda) tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
3Menggunakan Adjectives (kata sifat) yang membentuk noun phrase (frase benda). Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
4Menggunakan Time Connectives (kata hubung waktu) untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
5Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase (keterangan) untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.

Materi di atas beserta contoh narrative "Sangkuriang" dapat di-download di sini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Cute Finding Nemo